Yuk, Jelajah Festival Anak Bertanya 2018 (part 1)

Tiket masuk ke acara Festival Anak Bertanya 2018 yang dapat ditukar dengan makanan seharga Rp. 20.000 di Food Stand. 
(namun sayang, saat penukaran tiket dengan makanan, semua bagian tiket diberikan ke Food Stand, bagi yang memiliki hobi mengkoleksi tiket sebagai kenang-kenangan pun jadinya tidak bisa deh...πŸ˜”)
Festival Anak Bertanya (FAB) 2018 ini merupakan gelaran festival yang ke-4 kalinya, sejak dimulai pada tahun 2015. Festival Anak Bertanya merupakan hasil kolaborasi antara tim Anakbertanya.com dan manajemen SABUGA ITB. Pada kali ini, FAB 2018 diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018, mulai dari pukul 08.00 - 17.00 wib.

Berawal dari diluncurkannya situs Anakbertanya.com pada tahun 2013 yang memberikan kesempatan khusus untuk anak-anak bertanya langsung kepada pakar / expert tentang berbagai hal, seperti : alam semesta, makhluk hidup, lingkungan sekitar, kehidupan di kota dan desa, perilaku manusia, dan lain sebagainya, maka dirancanglah suatu kegiatan offline agar dapat berinteraksi langsung dengan anak-anak.

Berdasarkan informasi pada http://festival.anakbertanya.com/2018/05/04/fab2018-dalam-bilangan/, terdapat 2 lembaga penyelenggara, 4 lembaga mitra, 3 perusahaan sponsor, 8 media partner30 Lembaga/Komunitas yang berpartisipasi dalam FAB 2018. Selain itu, ada 15 tenan food stand, 14 penampilan di panggung, 8 sosok profesional yang akan berbagi pengalaman dengan anak-anak, dan 8 narasumber talk show untuk orangtua. 
Haana lengkap dengan buku paspor anak, pin FAB 2018, dan tas perbekalan siap menjelajah keseruan #FAB2018
Ada pemutaran film anak, wahana, lomba, dan juga workshop yang digelar oleh lembaga / komunitas peserta. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah tersedianya 2000 lembar tiket untuk dewasa dengan biaya masuk Rp. 20.000, ada 1000 buku paspor anak, dan 1000 pin FAB 2018. Seru, kan?πŸ˜‰
Nah ini dia beberapa foto komunitas yang membuka booth di #FAB2018
Oh iya, komunitas yang buka booth di antaranya: Damkar Bandung, Pahlawan Bencana, Planes Art, Planet Sains, Dunia Astronomi, Ruang Cilik, Komunitas Reptil Bandung, Semesta Tari, Biology4Kidz, Observatorium Bosscha, SOS Kinderdorf, Bandung Homeschooler, JPAxBengkimut, Langit Selatan, Serat Pena, Tanah Aksara, Bengkel Sains, Yippie Yay, Temali, Litara, dan masih banyak lagi.

fyiTiket masuk FAB gratis utk anak sampai dengan usia 15 tahun. Di atas 15 tahun HTM-nya Rp 20.000/orang tapi tiket tersebut berlaku juga sebagai voucher makan siang. Jadi tiket masuk FAB 2018 bisa ditukar dengan makanan di food stand yang tersedia, tentunya harga makanannya sesuai dengan harga yang tertera di tiket ya...πŸ˜€.

Yuk, ikuti keseruan saya dan Haana menjelajah Festival Anak Bertanya 2018...πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Semua berawal dari broadcast menarik tentang FAB 2018 di wa grup POMG sekolah teteh Haana...😊. Tapi sebelum itu, kita bercerita mundur ya ber-flashback-ria sekitar satu tahun yang lalu dulu ya. Tahun lalu, itulah pertama kalinya saya mendengar ada gelaran Festival Anak Bertanya. Namun sayangnya, tahun lalu Haana masih berusia 3 tahun, masih belum lulus toilet training juga, ditambah saya pun baru melahirkan, jadi belum bisa mengajak Haana ke #FAB. 

Waktu itu, saat melihat daftar acara, pengisi acara, rundown acara, pokoknya yang terkait dengan acara Festival Anak Bertanya di akun IG, saya merasa minder duluan, mengingat Haana masih 3 tahun, sedangkan jadwal acaranya lebih cocok diperuntukkan untuk anak usia 5 tahun ke atas. Saat Haana 3 tahun rasa ingin tahunya memang sudah tinggi, namun karena acara #FAB memang dikemas untuk usia lebih tinggi, maka saya pun menahan diri dulu saja sampai waktu yang tepat untuk mulai mengajak Haana.

Oh iya, salah satu indikator bahwa gelaran #FAB ini dikemas untuk usia 5 tahun bahkan 7 tahun ke atas dapat kita lihat dari format buku paspor anak. Setiap anak yang datang ke acara #FAB bisa mendapatkan buku paspor anak dan pin hanya dengan membayar Rp. 10.000. Tetapi karena dicetak terbatas, lalu bila peserta membludak, maka bisa jadi banyak juga yang tidak bisa membeli. 

Buku paspor anak FAB ini meminta anak untuk berpartisipasi aktif mengisi lembar demi lembar yang ada. Nah, berarti itu hal yang mudah buat anak yang memang sudah bisa dan lancar baca tulis. Bagi Haana yang tahun lalu masih 3 tahun tentu itu kesulitan tingkat tinggi. Jangankan baca tulis, mengucapkan kata saja masih ada yang kesulitan...😁. That's why, alasan saya menunda dulu.

(Yup, part 1 dari Jelajah Festival Anak Bertanya sampai sini dulu ya, cerita serunya disambung ke part 2)

😊😊😊...






Komentar