FAMILY FUN DAY : Gebyar Institut Ibu Profesional (IIP) Bandung 2017

FAMILY FUN DAY : GEBYAR INSTITUT IBU PROFESIONAL (IIP) BANDUNG 2017

Gbr 1. Penulis menikmati momen kebersamaan di acara Family Fun Day yang diselenggarakan oleh IIP Bandung
(sumber : pribadi)
Nama Septi Peni Wulandani, ibu tiga orang anak warga Kota Salatiga adalah penemu metode Jarimatika. Sebagai ibu rumah tangga profesional, beliau memiliki agenda padat. Selain mengelola sekolah alam yang diberi nama School of Life Lebah Putih, juga merupakan founder dari Institut Ibu Profesional (IIP). Pada tahun 2011, beliau mendirikan Institut Ibu Profesional (IIP), yakni sebuah komunitas yang memiliki atensi pada pendidikan bagi ibu maupun calon ibu. Asal mula IIP didirikan karena beliau menangkap adanya kegelisahan atas munculnya fenomena banyaknya kaum wanita yang enggan menyandang predikat sebagai ibu rumah tangga.  Selain itu juga adanya pergeseran budaya dan gaya hidup yang seolah telah menjauhkan kaum perempuan dengan anak- anaknya. 


Gbr 2. Suasana hingar bingar semarak acara Family Fun Day di Area Masjid Salman ITB Bandung
(sumber : pribadi)
IIP sudah mempunyai anggota ratusan orang yang tersebar di 35 kota di Indonesia serta sejumlah negara seperti  Malaysia, Singapura, Korea Selatan hingga Uni Emirat Arab. Lewat situs www.ibuprofesional.com, beliau secara rutin memberikan materi- materi parenting kepada anggotanya. Kurikulum baku yang dirancang di IIP, memiliki empat pilar vital yaitu Bunda Sayang (ilmu mendidik anak), Bunda Cekatan (ilmu mengenai mengelola keluarga), Bunda Produktif (ilmu tentang bagaimana para ibu dapat mandiri secara financial) dan Bunda Shaleha (ilmu yang mengajarkan bagaimana seorang ibu dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga serta lingkungannya). Kurikulum tersbut dikemas melalui semacam metode leveling sehingga diperlukan syarat kelulusan dari level sebelumnya agar bisa naik ke level selanjutnya. Tujuan akhir yang diperoleh selama mengikuti setiap level tersebut adalah terbentuknya kaum perempuan yang menyadari perannya sehingga memiliki bekal pengetahuan yang cukup dalam mendidik anak dan mengurus keluarganya. 


Gbr 3. Ragam stand yang ada di acara Family Fun Day dalam rangka Gebyar IIP Bandung 2017.
(sumber : pribadi)
Melalui informasi yang diperoleh lewat akun FB (Institut Ibu Profesional Bandung), detail acara tentang Gebyar IIP Bandung 2017 ini dapat disimak, sehingga memudahkan bagi yang mau datang untuk bisa menyesuaikan dengan agenda acara. Acara Family Fun Day (FFD) diselenggarakan pada sabtu, 16 September 2017, di area Masjid Salman ITB, mulai dari jam 08.00 hingga jam 14.00 wib. Di sana terdapat banyak kegiatan dan dilengkapi dengan stand edukasi, stand bazaar, stand kuliner, bahkan ada stand khusus kids market, bagi calon pebisnis cilik untuk berani belajar berjualan. Tidak hanya stand, di acara tersebut juga disediakan wahana menarik, seperti wahana belajar memanah, DIY workshop, carfting, dan arena bermain. 

Gbr 4. Berbincang dengan pebisnis cilik
(sumber : pribadi)

 Referensi : Berbagai Sumber

Komentar